Perbedaan Antara Kategori dan Tag di Website Sekolah

Assalamu’alaikum w.w Selamat datang di website resmi Semarsoft Technology Indonesia, melanjutkan tutorial cara mengoperasikan website sekolah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Perbedaan Antara Categori dan Tag di Website Sekolah

Pada saat pertama kali anda menulis sebuah konten website sekolah, Jika anda melihat di sisi sebelah kanan pasti anda akan menemukan menu kategori dan Tag. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membagi postingan atau artikel anda ke dalam beberapa kelompok atau topik-topik tertentu.

Namun apa yang menjadi perbedaan antara kategori dan tag?

Kapan kita harus menggunakan kategori, dan kapan kita meggunakan tag?

Mari kita bahas dari pengertiannya masing-masing:

Kategori

Sesuai dengan namanya, kategori digunakan untuk mengelompokkan postingan ke dalam kategori tertentu.

Misalnya anda memberi hak akses kepada Anggota Osis yang akan membuat konten tentang Kegiatan Osis maka buatlah kategori osis, sehingga semua artikel yang dibuat oleh osis terkumpul menjadi 1 kategori.

Dengan demikian, pengunjung yang ingin melihat agenda kegiatan osis dapat masuk ke kategori Osis.

Demikian seterusnya untuk kategori lain.

Kita juga dapa membuat sub-sub kategori yang lebih spesifik lagi. Misalnya di dalam kategori “Materi” kita punya sub kategori “Materi IPA”, “Materi IPS”. dan seterusnya

Sebuah pos boleh dimasukkan lebih dari satu kategori, namun anda tidak dapat membuat sebuah postingan tanpa memilih salah satu kategori yang sudah tersedia. Jadi, memilih kategori sifatnya wajib.

Tag

Menu Tag digunakan untuk menandai pos menjadi beberapa topik tertentu. Topik didalam tag ini memiliki sifat yang lebih spesifik terhadap isi dari suatu postingan anda, jika anda sering bermain sosial media, tag dikenal sebagai hashtag (#)

Agar tidak bingung kita coba gunakan contoh tadi:

Anda punya artikel tentang MPLS. Contoh tag yang dapat kita gunakan yaitu inti sari dari artikel tersebut.

Misalnya MPLSNewNormal, MplsSMANegeri dan seterusnya

Hampir sama dengan kategori, tujuan dari tag adalah untuk mempermudah pra pengunjung dalam menjelajahi website sekolah anda. Sebuah postingan juga bisa diberi beberapa tag (lebih dari satu tag).

Perbedaannya, tag tidak wajib diberi seperti kategori.

Bagaimana caranya memberi kategori dan tag yang bagus untuk Mesin Pencari?

Hal Ini sering sekali ditanyakan terkait kategori dan tag di Website Sekolah. Apakah kategori lebih bagus daripada tagl untuk mesin pencari? Apakah tag yang lebih bagus? Berapa jumlah tag yang harus kita inputkan?

Jawabannya: tidak berpengaruh.

Di dalam komunitas SEO, mungkin ada beberapa orang menyarankan untuk menggunakan banyak tag yang berisi kata kunci untuk post tersebut agar artikel cepat dikenal mesin pencari.

Jangan lakukan seperti ini.

Ada 2 alasannya:

Pertama, tidak berpengaruh. Bahkan Menggunakan 1000 tag pun tidak berimbas pada peringkat anda di mesin pencari.

Kedua, justru sangat mengganggu pengunjung.

Gunakan Tag secara idel dengan memperhatikan besarnya sebuah topik. Namun di sebuah postingan  seyogyanya tidak menggunakan lebih dari 5 tag.

Sekali lagi, gunakan kategori dan tag untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajahi website sekolah anda. Bukan untuk mempersulitnya.

LANJUT KE TUTORIAL BERIKUTNYA >>

Leave a Comment