Tutorial C++ Dasar 001 – Pengenalan Variabel

Pengertian Variabel

Unsur terpenting dalam pemrograman adalah bagaimana menyimpan data yang akan diolah  disimpan oleh komputer. Tanpa ada data tentunya program tidak bisa dikerjakan. Bayangan program ATM tanpa adanya masukan data kartu ATM dan data PIN, tentunya program ATM tidak akan dapat bekerja. Demikian juga program kasir, tanpa ada data belanja, program tersebut tidak dapat bekerja.

Dalam pemrograman, data-data yang akan diolah atau dimasukan ke sistem sering disebut dengan variabel. Jadi, ,Variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah selama proses program .

Setiap data yang akan diolah program harus tersimpan dalam suatu variabel. Hal ini mirip dengan  nomor HP teman yang dimiliki. Untuk mempermudah mengingat nomor tersebut milik siapa tentunya sudah menjadi kebiasaan   sewaktu menyimpan nomor tersebut diberi identitas,

Bayangkan jika ada puluhan nomor telepon tanpa ada nama identitas pemilik nomor tersebut.  Demikian juga program, setiap data yang akan dimasukan atau akan diolah komputer akan terlebih dahulu disimpan dalam suatu variabel. Sewaktu memasukan data PIN di ATM, program akan menyimpan data tersebut dalam suatu variabel.

Dari ilustrasi diatas, data 12 disimpan dalam variabel A dan data 10 disimpan dalam variabel B.

Variabel A berisi 12
Variabel B berisi 10
Variabel C merupakan penjumlahan antara variabel A dengan variabel B

Jadi jika ada operasi atau instruksi seperti ini :

Operasi/ perintah di atas salah, dikarenakan hasil penjumlahan antara A dengan B tidak disimpan dalam suatu variabel.

Seluruh proses ini dapat diekspresikan dalam C++ dengan serangkaian instruksi sbb :
A = 12;
B = 10;
C = A + B;
Jelas contoh di atas merupakan satu contoh yang sangat sederhana karena kita hanya menggunakan 2 nilai bilangan bulat (integer) yang kecil, tetapi komputer dapat menyimpan jutaan angka dalam waktu yang bersamaan dan dapat melakukan operasi matematika yang rumit.

Karena itu, kita dapat mendefinisikan variabel sebagai bagian dari memory untuk menyimpan nilai yang telah ditentukan. Setiap variabel memerlukan identifier yang dapat membedakannya dari variable yang lain, sebagai contoh dari kode diatas identifier variabelnya adalah A, B dan C, tetapi kita dapat membuat nama untuk variabel selama masih merupakan identifier yang benar.

Penamaan Variabel  

Setiap variabel yang akan digunakan sebaiknya mencerminkan isi dari data yang akan disimpan serta mudah dibaca. Misal penamaan :

Gaji_pegawai=1500000;  

Yang menyatakan gaji pegawai. Penamaan ini tentunya lebih mudah dipahami daripada penamaan

G=1500000;   

Aturan penamaan Variabel/ pengenal 

  • Tidak boleh diawali angka
  • Tidak boleh diawali dengan karakter khusus (misal tanda matematika)  
  • Huruf besar dan huruf kecil berbeda
  • Tidak boleh ada spasi, jika menggunakan 2 kata bisa menggunakan tanda hubung  (misal underscore) 
Contoh 

Contoh Coding


You May Also Like

About the Author: Semar Soft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *