Skip to content

Cara Mengubah File Excel ke PDF tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

23

Cara Mengubah File Excel ke PDF tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

23

Perubahan versi perangkat lunak atau mengakses file via ponsel sering menjadi kendala saat saling ingin mengirim dokumen. Termasuk saat membagikan spreadsheet Excel, tidak jarang data yang tidak teratur karena penyebab di atas. Agar tidak mengalami hal tersebut, coba kalian mengubah Excel ke PDF berikut.

Mengubah file Excel menjadi bentuk PDF memiliki banyak keunggulan. Sesuai Namanya berubah. Bahkan jika terdapat gambar dan table di dalamnya, letaknya tidak akan bergeser. Portable document format memungkinkan kamu membuka dokumen di perangkat apapun dan memastikan detail data di dalamnya tidak berubah. Bahkan jika ada gambar dan table didalamnya letaknya tidak akan bergeser.

Menjadikan file Excel ke bentuk PDF membuat dokumen terlindungi dengan aman cukup dengan menambahkan password pada file. Hasilnya PDF hanya bisa terbuka atau diedit apabila kalian memasukkan kata sandi yang sudah diatur. Lebih jauh lagi ukuran file dapat diubah menjadi lebih kecil sehingga tidak memenuhi ruang. Inilah beberapa cara mengubah Excel ke PDF yang bisa kamu lakukan!

  1. Cara mengubah Excel ke PDF tanpa aplikasi

24

Seiring dengan pembaruan versi, kini kalian tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk mengubah file Excel ke PDF. Cukup ubah pengaturan file menjadi PDF sebelum mengekspor atau mencetak begini cara lengkapnya:

  1. Siapkan fileExcel 
    Terlebih dahulu buka dokumen Excel yang hendak dikonversi menjadi PDF. Pastikan telah mengatur halaman Excel dengan pas, gunakan print preview untuk memperhatikan apakah ada dokumen yang terpotong atau tidak.
  2. Klik ‘File’
    Pada menu bar paling atas, pilih menu ‘File’ yang letaknya berada di pojok kiri di bawah logo Excel. Jika kamu pengguna Macbook, menu ‘File’ berada tepat di samping nama ‘Excel’ di kiri atas.
  3. Pilih ‘Save as’ atau ‘Simpan sebagai’
    Saat memilih menu ‘File’, kamu akan mendapati drop downpilihan menu. Cukup cari ‘Save as’ atau ‘Simpan sebagai’. Klik menu tersebut.
  4. Ubah nama dan format menjadi PDF
    Jendela pengaturan penyimpanan dokumen akan otomatis terbuka setelah kamu memilih opsi ‘Simpan sebagai’. Pada tahap ini, terlebih dahulu ubah nama file dan letak penyimpanan sesuai kebutuhan. Di bagian format file, klik untuk menampilkan drop down, lalu temukan ‘PDF’.
  5. Sesuaikan pilihan penyimpanan
    Di bagian bawah drop down, tersedia opsi penyimpanan. Kamu bisa menyimpan filemenjadi buku kerja atau lembar. Pun terdapat pilihan hanya sebagian lembar atau seluruh lembar yang diubah ke PDF. Pada tahapan inilah perlu pengaturan password jika hendak melindungi dokumen. Untuk cara mengubah Excel ke PDF tanpa terpotong, sesuaikan pengaturan pencetakan dengan page layout halaman dokumenmu, ya.
  6. Klik ‘Simpan’ dan selesai
    Begitu kamu memilih opsi ‘Selesai’, fileakan otomatis tersimpan di tempat yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Buka penyimpanan untuk melihat hasil konversi Excel ke PDF yang baru saja kamu lakukan.

Langkah ini sangat mudah untuk diterapkan. Tidak perlu repot melakukan pemasangan aplikasi pihak ketiga, kalian sudah bisa mendapatkan data spreadsheet dalam bentuk PDF.

  1. Alternatif cara mengubah Excel ke PDF tanpa aplikasi

25

Kalian butuh konversi file Excel menjadi PDF, tapi tidak punya waktu mengunduh dan melakukan pemasangan aplikasi? Tenang saja, terdapat cara mengubah file Excel ke PDF lain yang memudahkan. Untuk bisa menempuh langkah-langkah dibawah pastikan device kalian terkoneksi dengan jaringan internet.

  1. Buka layanan konversi dokumen online
    Melalui browserpada laptop atau ponselmu, buka layanan konversi dokumen secara online. Ada berbagai macam website yang bisa kamu pilih. Sebagai contoh, di tutorial ini menggunakan layanan konversi Excel to PDF com.
  2. Pilih ‘Excel to PDF’
    Begitu halaman beranda terbuka, kamu akan mendapati banyak tools konversi yang tersedia. Gulir dan temukan opsi ‘Excel to PDF’ sesuai kebutuhan.
  3. Unggah dokumen yang hendak dikonversi
    Begitu selesai memuat, kamu akan mendapati menu ‘Select Excel Files’ di tengah halaman. Cukup klik menu tersebut, lalu pilih dokumen yang hendak diubah dari Excel ke PDF. Kamu bisa memilih lebih dari satu dokumen sekaligus.
  4. Klik ‘Convert to PDF’
    Jika dokumen telah terunggah secara sempurna, klik ‘Convert to PDF’ di bagian kanan bawah. Secara otomatis, websiteakan mengubah format dokumen. Tunggu beberapa saat hingga proses pengubahan format file
  5. Pilih ‘Download PDF’
    Kamu akan mendapati opsi downloaddi tengah halaman begitu proses selesai. Klik tombol yang tersedia dan secara otomatis pengunduhan file akan berlangsung. Layanan ini juga menyediakan penyimpanan ke Google Drive, Dropbox, hingga membagikan hasil konversi melalui tautan atau kode QR.

Untuk membuka hasil konversi online, buka folder ‘Download’ atau ‘Unduhan’ yang ada pada komputer, laptop, maupun ponselmu. Jika kamu menerapkan cara mengubah Excel ke PDF lebih dari satu dokumen sekaligus, maka file akan tersimpan dalam bentuk .zip. Agar bisa terbuka dengan PDF reader, kamu perlu melakukan unzip terlebih dahulu.

Seluruh file hasil konversi dapat dibuka menggunakan PDF reader fitur bawaan gadget. Jika perangkat tidak mendukung, maka perlu mengunduh aplikasi tambahan guna mengakses dokumen dalam bentuk PDF.

Cara mengubah Excel ke PDF di atas tentu saja mempermudah pekerjaan. Tanpa perlu waktu dan tenaga, dokumen Excel milikmu telah berubah menjadi PDF yang bisa diakses di semua perangkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *