Skip to content

Kenapa Aplikasi Membutuhkan Pembaruan? Ini Alasannya

36

Kenapa Aplikasi Membutuhkan Pembaruan? Ini Alasannya

36

Bagi pengguna smartphone, aplikasi menjadi bagian tidak terpisahkan dari penggunaan sehari-hari. Setiap aplikasi di smartphone pun dapat di-install secara gratis di toko aplikasi seperti Play Store, App Store, dan lainnya.  Setelah mengunduh dan menggunakannya sehari-hari, terkadang pengguna akan menerima notifikasi pembaruan pada aplikasi tertentu. Namun sayangnya sebagian pengguna tidak terlalu memperhatikan instruksi tersebut. Padahal, pembaruan aplikasi dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan kinerjanya. Lantas kenapa setiap aplikasi membutuhkan pembaruan? Dilansir dari Technobezz berikut ini alasan mengapa pengguna perlu melakukan pembaruan aplikasi.

Pembaruan aplikasi berguna untuk meningkatkan keamanan

Melalukan update aplikasi dapat meningkatkan keamanan perangkat dan melindungi informasi pribadi Anda. Jika mengabaikan pembaruan aplikasi, hal tersebut dapat membuat peretas mengganggap aplikasi Anda sudah kadaluwarsa dan mudah untuk mencuri berbagai informasi pribadi yang terhubung di aplikasi.

Tidak hanya itu, risiko lain adalah bisa jadi peretas dapat memanfaatkan informasi pribadi Anda untuk hal yang tidak diinginkan seperti penipuan dan lain sebagainya. Maka dari itu meskipun terlihat sepele, pembaruan aplikasi sangat penting dilakukan agar informasi akun dan berbagai data pribadi yang terhubung di aplikasi tetap terjaga dan aman.

Memperbaiki bug pada aplikasi

Pernahkan saat menggunakan aplikasi tertentu Anda mengalami error atau bug di salah satu fiturnya. Misalnya tidak dapat mengklik tombol menu atau lainnya. Bug sendiri merupakan kecacatan atau kerusakan teknik pada sebuah aplikasi. Hal ini ternyata dapat disebabkan oleh aplikasi yang tidak kunjung dilakukan pembaruan sehingga terjadi bug atau error. Solusi terbaik adalah memperbaruinya di toko aplikasi smartphone kalian. Setelah diperbarui, bukalah kembali aplikasi dan Anda dapat menggunakannya dengan lancar kembali.
Performa aplikasi jadi lebih baik

Aplikasi yang berjalan lambat, tiba-tiba error, atau fitur yang tidak dapat dibuka, bisa jadi hal tersebut dikarenakan aplikasi lama tidak diperbarui. Performa aplikasi juga akan menjadi menurun dan berdampak pada kinerja smartpone kalian. Jika hal seperti terjadi pada smartphone Anda, segera cek apakah aplikasi membutuhkan pembaruan? Jika iya, segera lakukan pembaruan dan coba kembali membuka aplikasinya. Performa dan kinerja aplikasi akan menjadi lebih baik dan lancar Pastikan tidak akan mengabaikan notifikasi pembaruan jika tidak ingin hal seperti ini terulang.

Fitur dan tampilan baru

Programmer aplikasi akan terus melakukan perkembangan agar dapat terus memberikan pengalaman terbaik pada penggunanya. Salah satunya dengan meningkatkan performa, menambah fitur baru, atau memberikan tampilan terbaru dari aplikasi. Untuk mendapatkan fitur atau tampilan terbaru, tentu Anda harus melakukan update aplikasi.

Fitur dan tampilan terbaru tentu akan membuat Anda lebih nyaman dalam menggunakannya. Maka dari itu jangan lupa untuk cek pembaruan aplikasi di toko aplikasi smartphone Anda.

Menghindari masalah pada smartphone

Bagi pengguna ponsel Android, penggunaan aplikasi pihak ketiga umumnya akan menyebabkan beberapa masalah pada smartphone dan kemudian mengharuskan pengguna melakukan restart ke dalam safe mode. Hal tersebut ternyata dapat disebabkan oleh dua hal di antaranya coding yang tidak baik atau aplikasi Anda yang tidak pernah diperbarui sehingga menyebabkan crash dan mengakibatkan masalah pada smartphone.

Itulah beberapa alasan penting mengapa aplikasi membutuhkan pembaruan. Di antaranya agar kinerja aplikasi tetap lancar, menjaga keamanan data pribadi pengguna, hingga mendapatkan fitur baru. Melakukan update aplikasi juga umumnya tidak membutuhkan waktu lama. Maka dari itu jangan malas untuk melakukan pembaruannya di toko aplikasi agar kinerja dan performa lebih lancar dan nyaman ketika digunakan.

Leave a Reply