Skip to content

Rumus IF Bertingkat Pada Microsoft Excel 

rumus if bertingkat pada microsoft excel 680x350

Rumus IF Bertingkat Pada Microsoft Excel 680x350 1

Rumus IF Bertingkat Pada Microsoft Excel

Rumus Excel IF Bertingkat pada Microsoft Excel tentu banyak yang mencarinya, terlebih lagi bila Kamu merupakan seseorang yang lagi belajar akuntansi, matematika, maupun tentang pengolahan informasi.

Rumus Excel IF merupakan guna( function) yang digunakan buat menunjukkan sesuatu nilai( output) berbentuk TRUE ataupun FALSE dengan melaksanakan uji pemenuhan kondisi- kondisi yang terdapat terhadap sel ataupun range tertentu.

Output TRUE hendak keluar apabila informasi penuhi keadaan yang terdapat, sebaliknya output FALSE berarti informasi informasi tidak penuhi keadaan yang terdapat. Rumus Excel IF ialah salah satu pelaksanaan dari Computing Intelligence memakai pembedahan logika matematika.

Rumus IF Bertingkat Pada Microsoft Excel

Pada postingan ini hendak dipaparkan 2 metode penyusunan rumus IF bertingkat pada Microsoft Excel. Tenang saja, tidak butuh takut sebab seluruhnya hendak dipaparkan dengan sangat gampang. Langsung saja, silakan ikuti pembahasannya di dasar ini.

1. Rumus IF Bertingkat/ Majemuk/ Nested IF

Secara universal, pemakaian rumus IF bertingkat sama saja dengan memakai rumus IF tunggal. Perbedaannya rumus IF bertingkat memanipulasi variabel[value_if_false] selaku nested IF( percabangan IF). Berikut sistematika penulisannya:

Berarti: Pemakaian koma(,) ataupun semicolon(;) dalam Resep disesuaikan dengan tipe Microsoft Excel serta konfigurasi bahasa pada pc kamu.

=IF( logical_test1,[value_if_true], logical_test2,[value2_if_true],…,

[logical_testN],[valueN_if_true],[valueN_if_false])

Kita langsung masuk ke contohnya saja. Misalnya, dikenal pengelompokan nilai mahasiswa ialah 1= Kurang, 2= Lumayan, 3= Baik, serta 4= Sempurna. Hendak dicoba pengelompokan nilai sesuatu mata kuliah dari 5 mahasiswa pada tabel berikut.

Hingga, penyusunan rumusnya semacam contoh di dasar ini.

=IF( nilai=1,” Kurang”, IF( nilai=2,” Lumayan”, IF( nilai=3,” Baik”, IF( nilai=4,” Sempurna”))))

Berikut contoh penyusunan di Microsoft Excel.

Rumus IF Bertingkat Pada Microsoft Excel

Tidak hanya memakai rumus Esxcel IF bertingkat di atas, Kamu pula dapat memakai gabungan OR serta AND semacam rumus IF simpel yang biasa Kamu pakai.

2. Rumus IF Bertingkat dengan Gabungan AND

Semacam yang dikatakan pada rumus lebih dahulu, Kamu pula dapat membuat rumus IF bertingkat memakai gabungan AND. Supaya lebih gampang menguasai kita langsung masuk saja ke contoh permasalahan.

Permasalahan IF bertingkat yang sangat terkenal merupakan konversi nilai A B C D E. Permasalahan bawah ini bisa disesuaikan dengan kasus yang lebih nyata pada informasi yang hendak dikelola.

Contoh permasalahan:

Misalkan seseorang guru memiliki kriteria evaluasi ialah:

Nilai 80- 100 hendak memperoleh nilai A

Nilai 60- 79 hendak memperoleh nilai B

Nilai 40- 59 hendak memperoleh nilai C

Nilai 20- 39 hendak memperoleh nilai D

Nilai kurang dari 20 hendak memperoleh nilai E

Gimana metode guru tersebut dalam membuat kriteria evaluasi tersebut memakai Microsoft Excel?

Penyelesaian:

Bila dilihat sekilas kriteria yang terbuat guru tersebut tidak terdapat permasalahan serta bisa diterima secara langsung. Tetapi apa yang terjalin bila seseorang murid menemukan nilai 79, 8?

Clue: Kriteria di atas masih nampak ambigu sebab cuma dapat diterima buat angka bundar.

Sehingga guru tersebut wajib merevisi kriteria penilaiannya, sebab ia berpikiran 79, 8 kurang dari 80 hingga partisipan tersebut menemukan nilai B. Kriteria evaluasi tersebut diperbaiki dulu ke wujud logika matematika simpel memakai logika AND.

=AND( kriteria dasar, kriteria atas)

Misal sel informasi dini yang mau dieksekusi A1, berikut revisi ketentuan evaluasi yang terbuat.

Rumus IF Bertingkat di Microsoft Excel

Gimana rumus IF nya?

=IF( AND( A1
=80, A1<=100),” A”, IF( AND( A1
=60, A1<80),” B”, IF( AND( A1
=40,

A1<60),” C”, IF( AND( A1
=20, A1<40),” D”, IF( A1< 20,” E”,” Nilai Salah”)))))

Berarti: Pemakaian koma(,) ataupun semicolon(;) dalam Resep disesuaikan dengan tipe Microsoft Excel serta konfigurasi bahasa pada pc kamu.

Berikut contoh penulisannya di Microsoft Excel.

rumus if bertingkat AND

Sekian postingan kali ini yang mangulas tentang rumus IF bertingkat pada Microsoft Excel. Mudah- mudahan postingan ini bisa menolong serta berguna untuk Kamu. Terima kasih

Leave a Reply