Tutorial Greenfoot Part 4 – Menyisipkan Backsound pada Game

Jika di part3, Kita sudah belajar tentang bagaimana cara menggerakkan objek dengan keyboard dan mouse menggunakan greenfoot. Pada part 4 ini kita belajar bagaimana cara memberi music atau backsound pada sebuah game.

Dukungan musik sebagai latar belakang atau backsound pada sebuah permainan, Membuat game tersebut menjadi sangat menarik. Oleh karena itu, Pada Aplikasi Greenfoot sudah disediakan sebuah class khusus untuk memudahkan kita dalam mengelola music, Namanya Class GreenfootSound.

Agar kita dapat menggunakan Class GreenfootSound ini. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendeklarasikan sebuah objek dari class tersebut di dalam Class MyWorld.

Mendeklarasikan Objek

private GreenfootSound backSound;

Setelah kalian mendeklarasikan objeknya, sekarang buatlah objek dari dari class tersebut dengan menggunakan keyword new

Membuat Objek

backSound = new GreenfootSound("nama_musiknya.mp3");

Agar musik yang kalian inginkan dapat dimainkan, Letakkan file tersebut pada folder Sounds pada project yang kalian gunakan

Setelah proses di atas sudah dilakukan dengan sempurna, langkah terakhir adalah dengan menyisipkan method play(); atau stop() pada class MyWorld

Contoh Coding

Selengkapnya, bisa kalian lihat coding berikut ini

import greenfoot.*;  // (World, Actor, GreenfootImage, Greenfoot and MouseInfo)

/**
 * 
 * @author semarsoft.com 
 * @version 1
 */
public class MyWorld extends World
{

    /**
     * Constructor for objects of class MyWorld.
     * 
     */

    private GreenfootSound backSound;
    public MyWorld()
    {    
        // Create a new world with 600x400 cells with a cell size of 1x1 pixels.
        super(600, 400, 1); 
        
        prepare();
    }

    public void TambaApel(Actor actor){
        int x = Greenfoot.getRandomNumber(getWidth());
        int y = Greenfoot.getRandomNumber(getHeight());
        addObject(actor, x, y);
    }

    /**
     * Prepare the world for the start of the program.
     * That is: create the initial objects and add them to the world.
     */
    private void prepare()
    {
        Kumbang noe = new Kumbang();
        Apel apel = new Apel();
        bom bom = new bom();
        
        
        addObject(bom,480,201);
        addObject(noe, 97, 105);

        int jml = Greenfoot.getRandomNumber(10);
        
        for(int i=0; i<jml; i++) {
            TambaApel(new Apel());
        }

        backSound = new GreenfootSound("musik.mp3");
        backSound.playLoop();
        
    }
}

Selain file mp3, Greenfoot juga mendukung beberapa format music seperti WAV, MIDI, AU dan AIFF, selengkapnya bisa kalian buka pada dokumentasi greenfoot di menu Help

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *