Bahasa Pemrograman yang Sering di Gunakan di Indonesia

Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer, yang isinya berupa suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik. Bahasa pemrograman sendiri rasanya sangat wajib dikuasai oleh seorang developer guna dapat membangun sebuah aplikasi maupun software.

Tidak hanya itu saja, bahasa pemrograman sendiri ternyata ada banyak sekali jumlah dan jenisnya, terlepas dari berbagai tingkatan kesulitan. Maka demikian, inilah 10 bahasa pemrograman terbaik dan sering digunakan.

  1. Java

Java adalah bahasa program komputer yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC hingga smartphone dan perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh The Green Project miliknya Sun Microsystem pada tahun 1991 silam. Dan hingga kini, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia, dan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.

Kepopuleran Java sebagai salah satu bahasa pemrograman tebaik bukan muncul tanpa alasan, melainkan karena kelebihan Java itu sendiri, misalnya seperti bisa berjalan di berbagai platform, lebih mudah dimengerti, dan mempunyai library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan para programer ketika mengoperasikannya.

Nama Java sendiri dipilih karena salah satu pencetus Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling kopi, dimana kopi tersebut berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Dan pulau Jawa (Java) yang akhirnya menjadi nama dari salah satu bahasa pemrograman terbaik dan terpopuler di dunia.

2. C

Perlu diketahui bahwa bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua yang ada di dunia. Bahasa pemrograman ini dikembangkan sekitar tahun 70an oleh Dennis Ritchie. Selain itu, bahasa C sendiri rasanya pantas jikalau kita sebut sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Pasalnya, di tanah air sendiri, bahasa C dipelajarkan—pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman lain di perguruan tinggi Indonesia jurusan IT, maupun lembaga kursus pemrograman.

Adapun alasan bahasa C dipelajari pertama kali, yakni karena bahasa pemrograman yang satu ini adalah induk dari bahasa pemrograman lain, misalnya: Java, C#, C++, dll. Maka dari itu, tidak heran jikalau bahasa pemrograman yang satu ini begitu populer di dunia.

3. PHP

Bahasa program yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat profesional website. Bahkan website sekelas Facebook, WordPress, maupun Digg—kabarnya menggunakan PHP dalam pengembangannya. Selain karena dapat membuat website menjadi dinamis, PHP juga dapat digunakan secara gratis, sehingga hal itulah yang membuat bahasa program komputer yang satu ini banyak digunakan oleh developer di dunia. Dan perlu diketahui bahwa PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus

4. Visual Basic

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft, yang menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, khususnya untuk membuat software-software berbasis Windows.  Hebatnya, Visual Basic ternyata digunakan oleh hampir semua developer software yang ada di dunia.

5. Phyton

Secara tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi, yang artinya mudah untuk dipahami manusia. Dan Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web maupun berbasis mobile.

Bahasa pemrograman yang satu ini cukup mudah dipahami bagi pemula, dan hal itu merupakan salah satu kelebihannya. Tidak hanya itu saja, meskipun mudah dipahami, ternyata Python banyak digunakan oleh perusahaan besar di dunia, seperti Instagram, Pinterest, dan Rdio. Bahkan, Python juga digunakan oleh pengembang Google, Yahoo!, serta website NASA.

6. C++

C++ merupakan bahasa pemrograman hasil pengembangan dari bahasa C, sehingga C++ maupun bahasa C memiliki syntaks penulisan yang hampir sama. Namun meskipun demikian, kedua bahasa pemrograman ini ternyata memiliki perbedaan dalam hal penyelesaian masalahnya.

Terlepas dari itu, C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan software besar, seperti Adobe, Firefox, dan lain sebagainya.

7. Java Script

Netscape mengembangkan bahasa pemrograman yang akhirnya diberi nama dengan JavaScript. Selain bahasa PHP, JavaScript juga ternyata banyak digunakan untuk membuat website. Dan hampir semua website rasanya telah menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini. Hal itu juga menjadikan JavaScript sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik di dunia.

8. C#

Selain Visual Basic, Microsoft juga telah berhasil mengembangkan bahasa pemrograman C#, yang didasari dari prinsip bahasa C dan C++. Secara tidak langsung, hal itu mengatakan bahwa bahasa C# merupakan penyempurnaan dari dua bahasa pemrograman yang telah ada. Dan secara kegunaan, C# banyak digunakan untuk membuat maupun mengembangkan software yang berbasis Windows.

9. Ruby


Ruby adalah bahasa pemrograman open source yang dibuat oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto. Dengan memadukan bagian terbaik dari bahasa favoritnya, Matz membuat Ruby terfokus pada kemudahan penggunaan. Bahasa pemrograman ini dirilis pada tahun 1995, dan sejak saat itu menjadi lebih populer. Beberapa konferensi dan pertemuan telah diadakan berdasarkan bahasa pemrograman Ruby.

 

Selamat belajar bahasa pemrograman, semangat……=)

You May Also Like

About the Author: Kurniawati

Guru pengajar SMKN 1 Bangil

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *