Cara Menginstall Windows 7 Paling Lengkap

semarsoft.com, Anda siap menginstall Windows 7? Baca terus artikel mengenai bagaimana cara menginstall (ulang) windows 7 pada komputer maupun laptop

Berikut Daftar isi dari artikel ini
1. Merencanakan Instalasi
2. Menentukan Sistem 32-bit atau 64-bit
3. Menentukan Partisi MBR atau GPT
4. Jenis Instalasi
5. Proses Instalasi

Merencanakan Instalasi

Seperti halnya instalasi sistem operasi pada umumnya, terlebih dahulu kita harus merencanakan proses instalasi. Ketika Anda menjalankan instalasi Windows 7, Anda harus mengerti tentang cara menginstal dan mengkonfigurasi sistem operasi. Perencanaan yang baik dapat membuat instalasi Windows 7 Anda lebih efisien dan terhindar dari masalah selama proses instalasi.

Berikut adalah beberapa hal paling penting yang harus Anda pertimbangkan ketika merencanakan untuk menginstall Windows 7 :

Periksa Persyaratan Sistem
Periksa Kompatibilitas Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Tentukan Pilihan Partisi Disk
Buat dan lengkapi Daftar Periksa Pra-Instalasi

Microsoft menentukan spesifikasi minimum yang disarankan untuk Windows 7:

Prosesor 1 GHz 32-bit atau 64-bit
1 GB memori sistem
16 GB ruang disk yang tersedia
Dukungan untuk grafis DirectX 9 dengan memori 128 MB (untuk mengaktifkan tema Aero)
DVD-R / W Drive
Akses Internet (untuk mengaktifkan dan mendapatkan pembaruan)

Versi 32-bit atau 64-bit?

Anda perlu memutuskan apakah akan menginstal Windows 7 versi 32-bit atau 64-bit. Paket disk instalasi Windows 7 mencakup Windows versi 32-bit dan 64-bit 7. Pada dasarnya, versi 64-bit dari Windows dapat mengenali RAM lebih besar dan lebih efektif daripada sistem 32-bit. Jadi jika Anda berencana menggunakan Windows 7 pada komputer yang memiliki RAM lebih dari 3Gb, saya akan sangat menyarankan untuk menggunakan versi 64-bit. Kebanyakan program yang dirancang untuk Windows versi 32-bit akan berfungsi pada Windows versi 64-bit, dan jika tidak, Anda selalu dapat menggunakan Mode Windows XP (baca artikel “Cara Menginstal Mode Windows XP pada Windows 7”).

Catatan: Dengan cara apa pun, Anda tidak dapat Mengupgrade OS dari versi 32-bit ke versi 64-bit dan Anda harus memformat dan menginstal ulang. Begitupula sebaliknya Anda tidak dapat mendowngrade windows 7 versi 64-bit ke versi 32-bit

Jenis Partisi MBR atau GPT ?

Anda perlu memutuskan Partisi yang akan anda gunakan MBR atau GPT, Pada intinya Jenis partisi GPT mendukung media penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan MBR, MBR hanya dapat mendukung harddisk maksimal 2TB saja, sedangkan GPT Mendukung hardisk hingga 9 ZB (Zettabyte). Zettabyte sendiri berada 3 tingkat diatas Terabyte (TB) dan keuntungan yang didapat jika kita menggunakan partisi GPT adalah file system disimpan lebih dari satu lokasi, sehingga jika system utama rusak, sistem masih berjalan dengan  normal menggunakan cadangan system yang lainnya. Namun GPT hanya mendukung Windows 64-Bit, jadi jika anda memilih jenis partisi GPT anda wajib mengunakan Windows 7 versi 64-bit

Jenis Instalasi

Pada dasarnya, ada 2 cara untuk menginstal Windows 7:

Upgrade (Upgrade di tempat) – Opsi ini menggantikan versi Windows Anda saat ini dengan Windows 7, dan file, pengaturan, dan program masih tersimpan di komputer Anda.
Kustom (instalasi “Baru”) – Opsi ini menggantikan versi Windows Anda saat ini dengan Windows 7, tetapi tidak menyimpan file, pengaturan, dan program Anda. Kadang-kadang disebut sebagai install ulang windows

Seperti biasa, install ulang jauh lebih baik dan saya sangat menyarankan untuk mengambil cara itu. Bahkan jika Anda sudah memiliki OS Windows XP / Vista di komputer Anda, saya sangat menyarankan Anda memformatnya dan menginstal windows yang baru.

Artikel ini akan fokus bagaimana cara menginstall (ulang) windows 7. Baca artikel “Cara Meningkatkan dari Windows XP ke Windows 7” dan “Tingkatkan dari Windows Vista ke Windows 7” untuk informasi lebih lanjut tentang cara tersebut.

Memulai Proses Instalasi Windows 7

Ketika menginstal pada komputer fisik, Setting Boot Order pada BIOS menjadi DVD, setelah Boot order disave masukkan DVD Bootable Windows 7 ke drive DVD Anda dan reboot komputer Anda. Jika Anda diminta menekan tombol untuk boot dari DVD atau CD, tekan tombol apa saja. Jendela hitam akan muncul dan membaca konten DVD Windows 7.

Cara menginstall ulang windows 7

Catatan: Screenshot ini diambil dari instalasi Windows 7 Ultimate yang dilakukan pada mesin virtual yang berjalan di VirtualBox, Saya menggunakan file .ISO yang terpasang pada drive CD / DVD di Virtual Machine.

Proses Instalasi

Seperti pada Windows Vista dan Windows Server 2008, dan tidak seperti versi Windows sebelumnya, Windows 7 menggunakan mode Graphical User Interface (GUI). Pada proses instalasinya, sehingga anda dapat melakukan install windows dengan mudah tanpa repot-repot menggunakan perintah yang rumit

Setelah beberapa saat Anda akan melihat perintah pertama:

Cara menginstall ulang windows 7

Klik “Next” kecuali Anda ingin mengubah beberapa pengaturan regional untuk proses instalasi. Pengguna bahasa Indonesia anda harus membaca artikel “Memasang Bahasa Indonesia pada Windows 7“.

Cara menginstall ulang windows 7

Klik tombol “Instal now”.

Catatan: Jika Anda menggunakan media instalasi untuk memperbaiki instalasi Windows 7 yang sudah ada, Anda juga wajib membaca artikel terbaru saya di artikel “Cara Memperbaiki Windows tanpa install ulang

Selanjutnya, terima persyaratan lisensi dan klik “Next”.

Cara menginstall ulang windows 7

Selanjutnya, Tekan tombol Custom (Advanced). kecuali jika anda ingin mengupgrade Windows yang sudah ada, tekan tombol Upgrade, Perhatikan bahwa dalam kasus ini, tombol Upgrade dinonaktifkan karena instalasi pada contoh khusus ini dilakukan pada komputer baru tanpa terinstall sistem operasi sebelumnya.

Cara menginstall ulang windows 7

Tahap selanjutnya adalah mempartisi Harddisk atau memilih partisi yang ingin diinstall Windows 7. Karena komputer ini memiliki hard disk baru yang belum dipartisi sebelumnya, Anda hanya diberi opsi untuk membuat partisi baru.

Jika Anda tidak ingin menetapkan partisi tertentu untuk menginstal Windows, atau membuat partisi pada hard disk Anda, klik Next untuk memulai instalasi. Namun jika Anda sudah memiliki partisi lain yang sudah ada dengan ruang kosong yang cukup dan ingin menginstal Windows 7 pada partisi tersebut atau untuk membuat multiboot OS, pilih partisi yang ingin Anda gunakan, kemudian klik Next untuk memulai instalasi. Jika Anda ingin membuat, memperluas, menghapus, atau memformat partisi, klik Drive option (Advanced), klik opsi yang Anda inginkan, dan kemudian ikuti petunjuknya.

Karena saya tidak perlu melakukan konfigurasi tambahan, saya hanya akan mengeklik tombol “Berikutnya”. Proses instalasi kemudian akan membuat partisi pada semua ruang disk yang tersedia, dan memformatnya.

Cara menginstall ulang windows 7

Proses berikutnya mulai menyalin file dari media DVD Installer ke hard disk.

Cara menginstall ulang windows 7

 

Proses ini memakan waktu cukup lama tergantung pada jenis perangkat keras yang digunakan komputer Anda. Dalam contoh uji VM yang saya gunakan untuk demo ini, seluruh proses selesai sebelum saya dapat menyelesaikan penulisan 3 paragraf sebelumnya, sehingga bisa sangat cepat.

Komputer akan reboot, dan proses berikutnya yang akan Anda lihat adalah prompt untuk mengatur nama pengguna dan komputer. Secara default, nama komputer adalah nama pengguna-PC, di mana nama pengguna adalah nama pengguna yang Anda masukkan.

Catatan: Nama Penggun yang Anda buat adalah satu-satunya pengguna yang saat ini tersedia di sistem. Seperti Vista, akun Administrator internal dinonaktifkan. untuk informasi lebih lanjut.
Baca artikel saya tentang “cara mengaktifkan akun Administrator Windows 7
Klik pada “Next”.

Cara menginstall ulang windows 7

Masukkan kata sandi pengguna (password). Ingat kata sandi ini, karena hanya dengan password tersebut anda bisa login di windows 7 anda, dan kecuali jika Anda membuat user  tambahan atau mengaktifkan akun administrator internal, jika anda lupa kata sandi ini, Anda harus memecahkannya untuk mendapatkan akses ke sistem. Password terbaik adalah memilih kata sandi kompleks yang terdiri dari setidaknya 7 karakter atau
Kemudian Klik “Next”.

Cara menginstall ulang windows 7

Selanjutnya, ketik produk key windows Anda. Jika Anda tidak memiliki kunci produk Anda masih dapat mengklik “Next”, dan akan melanjutkan proses instalasi. Anda akan diminta untuk memasukkan kunci produk setelah Windows diinstal. (ingat, gunakan produk asli)

Cara menginstall ulang windows 7

Pilih jenis perlindungan pada komputer Anda. Gunakan pengaturan yang disarankan. Jika Anda berencana memasang firewall pihak ke-3 nanti Anda dapat memilih Ask me later.

Cara menginstall ulang windows 7

Pilih zona waktu dan lokasi Anda dan klik “Next”.

Cara menginstall ulang windows 7

Pilih jenis jaringan Anda. Pengaturan ini dapat diubah nanti, tetapi perhatikan bahwa memilih profil akan berpengaruh pada pengaturan Windows Firewall dan File sharing. Klik pada “Next”.

Cara menginstall ulang windows 7

Windows akan menyelesaikan pengaturan dan desktop Anda akan muncul.

Cara menginstall ulang windows 7

Tahap Ini mengakhiri instalasi Windows 7. Selanjutnya, Anda mungkin ingin mengupdate windows 7 Anda dengan hotfix dan / atau patch terbaru dari Microsoft atau menginstall software tambahan, Silahkan dicoba dan tanyakan jika ada kesulitan

About the Author: Semar Soft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *