Skip to content

2 Cara Setting VPN di Windows 10

2 cara setting vpn di windows 10

2 Cara Setting VPN di Windows 10

Pengertian VPN Adalah ?

Virtual Private Network atau biasa disebut VPN adalah koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat atau privat melalui internet atau jaringan publik. Dari segi analisis, dapat dikatakan bahwa:

  • Virtual adalah sesuatu yang semu atau tidak ada, seperti di dunia maya atau internet.
  • Private adalah sesuatu yang bersifat pribadi, jadi tidak semua orang bisa mengaksesnya. Dan agar dapat menjaga privasi di jaringan publik, semua data harus dienkripsi.
  • Jaringan adalah jaringan tautan yang dapat dihubungkan satu sama lain.

Banyak orang memanfaatkan jaringan VPN ini, misalnya untuk keamanan, akses jarak jauh, dan menghemat uang untuk menyiapkan jaringan.

Berikut cara mengatur VPN di Windows 10:

  1. Untuk mengatur VPN di Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:
    1. Buka “Settings” (pengaturan) di Windows 10. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik ikon “Start” di bagian kiri bawah layar dan memilih “Settings” atau dengan menekan tombol “Windows” + “I” pada keyboard.
    2. Pilih “Network & Internet” (jaringan & internet).
    3. Di bagian atas halaman “Network & Internet”, pilih “VPN” dari opsi di sebelah kiri.
    4. Klik “Add a VPN connection” (tambahkan koneksi VPN) di bagian bawah halaman.
    5. Pada halaman “Add a VPN connection”, Anda harus memasukkan informasi konfigurasi VPN, seperti nama koneksi, jenis VPN (PPTP, L2TP/IPSec, SSTP, IKEv2), alamat server VPN, nama pengguna dan kata sandi. Pastikan untuk memasukkan informasi yang benar sesuai dengan detail yang diberikan oleh penyedia VPN.
    6. Setelah memasukkan informasi yang diperlukan, klik “Save” (simpan) untuk menyimpan pengaturan.
    7. Kembali ke halaman “VPN” dan pilih koneksi VPN yang telah Anda buat.
    8. Klik “Connect” (hubungkan) untuk menghubungkan ke VPN.
    9. Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang Anda gunakan saat membuat koneksi VPN.
    10. Setelah memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar, klik “Connect” (hubungkan) untuk terhubung ke VPN.
  2. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur VPN menggunakan OpenVPN di Windows 10:
    1. Pertama, unduh dan instal aplikasi OpenVPN dari situs web resminya. Pastikan untuk memilih versi yang sesuai dengan sistem operasi Windows 10 Anda.
    2. Setelah instalasi selesai, unduh konfigurasi OpenVPN dari penyedia VPN Anda. Konfigurasi ini biasanya berupa file .ovpn.
    3. Buka aplikasi OpenVPN dan klik kanan pada ikon tray di pojok kanan bawah layar. Pilih “Import file” (impor file) dari menu yang muncul.
    4. Telusuri dan pilih file konfigurasi OpenVPN (.ovpn) yang telah Anda unduh dari penyedia VPN. Klik “Open” (buka) untuk memuat konfigurasi tersebut ke dalam aplikasi OpenVPN.
    5. Setelah konfigurasi dimuat, klik kanan pada ikon tray OpenVPN dan pilih koneksi VPN yang baru saja diimpor. Klik “Connect” (hubungkan) untuk memulai koneksi VPN.
    6. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang telah disediakan oleh penyedia VPN Anda untuk mengotentikasi koneksi VPN Anda.
    7. Setelah Anda berhasil menghubungkan koneksi VPN, Anda akan melihat pesan konfirmasi bahwa koneksi VPN telah berhasil dibuat. Sekarang Anda dapat mengakses internet dengan aman melalui koneksi VPN Anda.
    8. Untuk memutuskan koneksi VPN, klik kanan pada ikon tray OpenVPN dan pilih “Disconnect” (putuskan koneksi) dari menu yang muncul.

    Itulah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengatur VPN menggunakan OpenVPN di Windows 10. Pastikan untuk selalu mengikuti instruksi yang diberikan oleh penyedia VPN Anda untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan saat mengonfigurasi koneksi VPN.

    Sekarang, koneksi VPN Anda telah dikonfigurasi dan Anda dapat menggunakannya untuk mengakses internet secara aman dan pribadi. Jika Anda ingin menghapus koneksi VPN, kembali ke halaman “VPN” dan pilih koneksi yang ingin dihapus. Kemudian, klik “Remove” (hapus) dan konfirmasi tindakan tersebut.

Demikian pembahasan cara setting VPN di Windows 10. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *