Tutorial Belajar WordPress Part 3: Cara Menginstall XAMPP di Windows dengan Mudah

Agar kita dapat menjalankan wordpress di komputer lokal, kita harus menginstall Webserver yang mendukung PHP dan MYSQL terlebih dahulu. Beruntungnya banyak aplikasi yang memiliki ketiga layanan tersebut, diantaranya Adalah XAMPP.

Pada Tutorial WordPress Part 3 ini kita akan membahas bagaimana cara menginstall XAMPP di Windows. Versi Xampp yang akan kita gunakan adalah XAMPP 7.4.13

Pastikan anda sudah mendownload WordPress sesuai dengan langkah-langkah pada tutorial sebelumnya

Baca : Cara Mendownload Aplikasi WordPress

Apa Itu XAMPP ?

Aplikasi XAMPP merupakan aplikasi 4 in 1, dikatakan 4 in 1 karena dalam aplikasi ini terdapat 4 layanan penting di dalamnya sebagaimana yang terwakili dari Huruf XAMPP itu sendiri. Huruf X (huruf X artinya cross-platform, bisa dijalankan pada banyak Sistem Operasi), A (Apache web server), M (MySQL), P (PHP), dan P (Perl).

Selain aplikasi mendasar di atas, XAMPP juga menyertakan OpenSSL dan phpMyAdmin.Penamaan versi XAMPP mengikuti versi PHP yang ada di dalamnya. Dengan kata lain, XAMPP 7.4.13 berisi PHP 7.4.13 serta aplikasi web server Apache 2.4 dan database server MariaDB 10.4.

Cara Mendownload Aplikasi XAMPP

Langkah 1: Download XAMPP

Pertama, Anda harus membuka website Apache Friends https://www.apachefriends.org/download.html

Kedua, Klik pada menu yang saya beri tanda, jika versi tersebut sudah tidak tersedia, Anda boleh menggunakan versi Xampp Terbaru, tunggu beberapa saat hinga proses download selesai.

Langkah 1: Menginstall XAMPP

Setelah Download file aplikasi XAMPP selesai, lakukan instalasi dengan cara double klik file XAMPP anda. Pada contoh ini, file XAMPP saya adalah xampp-windows-x64-7.4.13-0-VC15-installer.exe.

Jika komputer anda menggunakan antivirus biasanya muncul tampilan seperti berikut

Tampilan di atas merupakan peringatan jika aplikasi antivirus di sistem anda sedang berjalan, Sehingga bisa menyebabkan proses intalasi sedikit lambat atau mengganggu Instalasi Aplikasi XAMPP. Jika perlu, anda dapat mendisable antivirus untuk sementara waktu, atau Klik Tombol Yes

Setelah anda menekan tombol Yes, Muncul peringatan tentang User Account Control seperti berikut ini

Pesan tersebut muncul dikarenakan proteksi pada Windows Vista keatas, Ketika Xampp diinstal pada folder c:\Program File, terjadi pembatasan hak akses sehingga menyebabkan XAMPP tidak berjalan secara normal. Oleh karena itu kita disarankan untuk menginstall Xampp ke folder lain. Silahkan tekan tombol OK untuk melanjutkan instalasi

Tidak lama kemudian muncul pesan seperti berikut ini, kemudian Tekan Next

Tampilan berikutnya adalah “Select Component”. Pada bagian ini kita dapat memilih aplikasi apa saja yang akan kita install. Kali ini saya memilih semua pilihan. Klik Tombol Next untuk melanjutkan.

Tampilan berikutnya adalah “Installation Folder”. pada bagian ini kita dapat mengubah lokasi installasi XAMPP akan diletakkan. Anda dapat menentukan lokasi ini dengan bebas.

Secara default Xampp akan menentukan lokasinya di C:\xampp.
Tekan Tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.

Tekan Tombol Next hingga 2x hingga muncul tampilan proses instalasi seperti gambar berikut

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai, Jika proses instalasi berjalan dengan baik, akan muncul tampilan seperti berikut

Centang Pilihan Do you want to start the Control Panel now?”, Kemudian tekan tombol Finish

Menguji Instalasi XAMPP

Jika anda menyentang pilihan Do you want to start the Control Panel now? pada tampilan terakhir saat proses instalasi XAMPP, maka akan muncul tampil  XAMPP Control Panel.

Jendela XAMPP Control Panel ini digunakan untuk mengontrol semua modul yang terdapat pada XAMPP. Jika tampilan ini tidak muncul, anda dapat mengaksesnya melalui menu Start kemudian cari dengan mengetik ->XAMPP Control Panel.

Sekarang kita uji instalasi XAMPP dengan cara klik tombol START pada modul Apache dan MySQL. Jika tidak terjadi masalah, akan tampil warna hijau pada bagian modul yang dipilih, perhatikan gambar berikut

Kemudian, buka web browser apa saja dan ketikkan localhost pada address bar, setelah itu tekan enter. Jika muncul tampilan pembuka XAMPP seperti gambar di wabah ini, tandanya aplikasi XAMPP telah terinstall dengan baik.

Alhamdulillah kita sudah berhasil menginstall dan menjalankan XAMPP .  Pada Tutorial Belajar WordPress selanjutnya, kita akan belajar bagaimana caranya membuat sebuah database untuk wordpress menggunakan PhpMyadmin.

Leave a Comment