Tutorial Belajar WordPress Part 2: Cara Mendownload Aplikasi WordPress

Sebelumnya kita sudah membahas tentag Pengertian CMS WordPress. Pada tutorial belajar WordPress part 2 kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mendownload aplikasi WordPress.

WordPress.org VS WordPress.com

Mungkin jika anda mencari download wordpress di pencarian google, Anda akan menemukan 2 situs wordpress yang berbeda. Yups benar sekali WordPress.org dan wordpress.com.

Pertanyaannya mana situs resmi dari wordpress ?

  • Situs pertama : wordpress.org merupakan situs CMS WordPress. Situs inilah yang bakalan kita kunjungi untuk mendownload aplikasi wordpress, Pada situs ini terdapat dokumentasi, theme, plugin dan forum terkait dengan wordpress.
  • Yang kedua : wordpress.com merupakan situs untuk membuat wordpress online secara gratis, jika anda pernah menggunakan blog dari blogger.com, maka ini tidak berbeda dengan wordpress.com

Jadi kedua situs tersebut keduanya sama-sama resmi, Namun perbedaan yang signifikan WordPress.org memberikan berbagai fasilitas dan keleluasaan dalam pengelolaannya. Anda dapat memiliki website dengan domain sesui kebutuhan anda sendiri seperti www.semarsoft.com, anda juga dapat menentukan kapasitas penyimpanan website sesuai kebutuhan, dapat menginstall plugin, memasang iklan dan menginstall tema sesuka anda.

Jadi situs yang kita gunakan dalam tutorial belajar wordpress part 2 ini adalah situs wordpress.org

Cara Mendownload WordPress

Karena kita akan menjalankan wordpress pada komputer lokal, maka kita perlu menggunakan 2 (dua) aplikasi pendukung, yang pertama file wordpress dan yang kedua aplikasi XAMPP

Sebelum kita lakukan instalasi, silahkan download dulu dengan mengunjungi situs https://wordpress.org/download/

Selanjutnya, pada laman download wordpress, gulirkan layar ke bawah kemudian cari tombol Download WordPress 5.6 seperti pada gambar berikut

Setelah itu web browser akan mendownload file wordpress-5.6.zip. Simpan file ini di komputer anda. Ukuran WordPress 5.6 sekitar 15,5 MB.

File wordpress-5.6.zip berisi ratusan file code PHP dalam bentuk zip. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menempatkannya ke dalam web server yang support dengan PHP dan MySQL.

Kami menyarankan web server yang memiliki PHP 7.4 atau yang lebih tinggi dan MySQL versi 5.6 ATAU MariaDB versi 10.1 keatas. Kami juga menyarankan Apache atau Nginx server sebagai pilihan paling kuat untuk menjalankan WordPress, namun keduanya tidak menjadi syarat utama.

Apabila anda mempunyai web hosting, aplikasi tersebu sudah tersedia. Namun karena kita ingin menjalankannya di komputer lokal kita memerlukan aplikasi khusus seperti XAMPP atau WAMP.


Pada tutorial belajar WordPress Part 2 kali ini kita sudah menyimpan file WordPress 5.6. Pada tutorial WordPress berikutnya, kita akan belajar bagaimana cara menginstall aplikasi XAMPP untuk mempersiapkan proses instalasi WordPress.

1 thought on “Tutorial Belajar WordPress Part 2: Cara Mendownload Aplikasi WordPress”

Leave a Comment