Tutorial Belajar WordPress Part 1: Pengertian CMS WordPress

Pengertian WordPress

WordPress merupakan media yang sangat populer dalam pembuatan website. Entah itu website pribadi, web perusahaan atau compaany profile, website pendidikan bahkan website jual beli online atau online shop.

Sebenarnya apasih WordPress ini?

Yuk simak terus pembahasannya tentang Pengertian WordPress beserta keunggulan WordPress dibanging dengan CMS yang lainnya.

WordPress sebagai CMS

WordPress dirilis pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Litte sebagai aplikasi pengembangan dari Blog b2/cafelog. Pada mulanya WordPress fokus di web blog pribadi, dimana isi web diurutkan berdasarkan kronologis kejadian seperti catatan harian.

Seiring perkembangan, WordPress berkembang menjadi Aplikasi CMS yang dapat digunakan untuk membuat website selain Blog Pribadi. Seperti toko online, Website perusahan, Situs pendidikan dll.

CMS adalah sistem untuk memanipulasi dan mengorganisasi konten atau artikel secara terpusat, sebetulnya tidak harus menggunakan CMS untuk membuat website. Namun kebanyakan dari kita tidak punya cukup waktu untuk mempelajari pemrograman web. Belum lagi memikirkan kompleksitas dari sistem untuk mengorganisasi artikel yang banyak dalam suatu website.

Oleh Sebab itu, beberapa programmer website mulai membuat aplikasi yang siap pakai agar siapapun dapat membuat website dengan cepat tanpa mengerti kode-kode program, kita cukup klik menu-menu tertentu dan website sudah jadi dengan tampilan yang modern.

Apakah ada CMS selain WordPress?

Banyak sekali CMS yang bisa digunakan untuk membuat website selain wordpress, mulai yang berbayar hingga yang gratis, bahkan CMS dipisahkan menurut beberapa kategori.

Jika kalian ingin membuat sebauh FORUM, bisa menggunakan CMS vBulletin, untuk toko online bisa menggunakan CMS Opencart dan lain sebagainya.

Mengapa Menggunakan WordPress?

Dari sekian banyak CMS kenapa kita menggunakan WordPress?

Jawaban yang sangat mudah : Karena WordPress merupakan CMS yang paling populer dan banyak digunakan pada saat ini.

Menurut situs analisa https://wappalyzer.com yang diakses pada tanggal 11 Januari 2021, dari sekian banyak website yang beredar di internet, 76% menggunakan WordPress

WordPress lahir sejak tahun 2013 hingga memasuki versi ke-5, ini bisa dibilang sangat matang dari segi pengalaman, selain CMS yang powerful, CMS wordpress juga didukung jutaan plugin yang bisa digunakan untuk menambah fitur website kita.

Bagaimana WordPress bekerja?

WordPress intinya terdiri dari ribuan kode program dengan bahasa PHP. Ketika user mengunjungi website kita, kode program ini yang akan menangani pengambilan data dari database untuk menghasilkan HTML. Kode inilah yang kita lihat pada web browser.

WordPress juga menggunakan Database MySQL sebagai database yang digunakan untuk penyimpanan seluruh content yang ada dalam website kita. oleh sebab itu, agar kita dapat menggunakan wordpress di komputer lokal.

Kita dapat memakai aplikasi XAMPP untuk OS Windows dan LAMPP untuk OS Linux, selain itu kita juga bisa menggunakan aplikasi WAMP

Bagaimana cara intall WordPress secara online agar bisa diakses melalui internet?

Selain digunakan di komputer local wordpress juga bisa diinstall secara live di internet, ada yang berbayar dan ada yang gratis.

Untuk yang gratis anda dapat mengunjungi wordpress.com. Nantinya anda akan memiliki website dengan alamat situsanda.wordpress.com. Layanan ini gratis 200% namun ada beberapa batasan pada fiturnya.

Selain itu, wordpress juga bisa diinstall di server kita sendiri. Namun kita memerlukan sebuah domain dan web hosting agar dapat menjalankan tahapan ini.

Dengan cara tersebut kita dapat mengakses seluruh fitur wordpress dari mana saja melalui jalur internet.

Namun cara install wordpress online ini sayangnya tidak gratis. Setidaknya kita harus mengeluarkan biaya kurang lebih 200 ribu untuk memebeli domain dan hostingnya. Itupun harganya menyesuaikan jenis domain dan spesifikasi dari hosting itu sendiri.

Jika anda memiliki server pribadi dan memiliki IP Public anda cukup menyewa domain di layanan penyedia domain.

Leave a Comment