Perbedaan Hacking dan Ethical Hacking

Hacking

Perbedaan Hacking dan Ethical Hacking

Selamat Datang di Semarsoft!,Hai, teman-teman! Kamu pernah denger tentang hacking? Pasti udah dong, ya! Tapi, tau gak sih bedanya hacking biasa sama ethical hacking? Kali ini, kita bakal bahas tentang itu semua dan juga jenis-jenis hacking yang mungkin belum kamu tau. Yuk, simak bareng-bareng!

Apa Itu Hacking?

Hacking

Peretasan, seringkali diidentikkan dengan sesuatu yang negatif, sebenernya adalah proses masuk atau mengakses suatu sistem komputer atau jaringan dengan cara yang tidak sah. Jadi, kalau ada yang bilang “Aku hacker!”, bisa jadi dia lagi ngelakuin hal-hal yang nggak boleh, loh!

Perbedaan Hacking dan Ethical Hacking:

Pertama-tama, kita bahas tentang peretasan. Jadi, peretasan itu kayak masuk ke dalam sistem komputer atau jaringan tanpa izin. Jadi, bisa aja tujuannya buat nyolong data, ngehapus data penting, atau bikin kerusakan lainnya. Nah, ini kan jahat banget!

Tapi, tenang aja! Ada juga yang namanya ethical hacking. Ethical hacking itu kayak hacker yang jago juga, tapi dia beneran dibayar buat bantu menjaga sistem dari serangan hacker yang jahat. Jadi, mereka kayak penjaga keamanan gitu deh! Mereka bakal coba tembus ke dalam sistem secara legal untuk cari-cari celah yang bisa dimanfaatin sama hacker jahat.

Jadi, intinya, kalau hacking biasa itu kayak pencuri yang masuk rumah orang tanpa izin, sedangkan ethical hacking itu kayak polisi yang jaga-jaga supaya rumahnya aman dari pencuri.

Jenis-Jenis Hacking

Sekarang, kita lanjut ke jenis-jenis peretasan yang sering banget digunakan sama para hacker, baik yang jahat maupun yang baik hati. Yuk, kita bahas satu per satu!

Social Engineering

Ini nih yang sering banget dipake sama para hacker buat nyari akses ke informasi penting. Mereka nggak selalu nge-hack komputer, tapi bisa juga nge-hack otak manusia! Caranya? Misalnya, mereka bisa pura-pura jadi temen kamu di media sosial terus nanya-nanya data pribadi, kayak password atau nomor kartu kredit. Penting banget buat waspada!

Phishing

Jenis peretasan yang satu ini juga serem banget! Phishing itu kayak pancingan, di mana hacker bakal pura-pura jadi perusahaan atau situs terpercaya buat ngelabuhin kamu. Mereka bakal kirim email palsu atau bikin situs palsu yang mirip banget sama yang asli. Nah, tujuannya cuma satu: cari informasi sensitif dari kamu, kayak password atau nomor kartu kredit. Jadi, kalo dapet email aneh, jangan langsung percaya ya!

Malware Attacks

Malware itu kayak virus yang bisa masuk ke dalam komputer kamu dan bikin kerusakan. Jenis-jenis malware macem-macem, kayak virus, worm, trojan, atau ransomware. Mereka bisa merusak file-file penting, nyuri data, atau bahkan ngunci komputer kamu sampe bayar tebusan! Jadi, pastiin deh komputer kamu ada antivirusnya dan selalu update.

Denial of Service (DoS) Attack

Ini juga serem, deh. Hacker bakal serbu suatu sistem sampai nggak bisa dipake lagi. Jadi, misalnya situs web jadi macet atau sistem jaringan nggak bisa dipake. Bikin pusing, kan?

SQL Injection

Ini adalah teknik hacking yang menyerang database website. Hacker bakal masukin kode SQL jahat ke dalam form input di website, trus bisa dapetin akses ke dalam database yang seharusnya nggak boleh mereka akses. Dari situ, mereka bisa ngambil data penting, kayak password atau informasi pribadi pengguna.

Nah, gitu deh, teman-teman, perbedaan antara peretasan dan ethical hacking beserta jenis-jenis peretasan yang sering terjadi. Jadi, jangan sembarangan ya main-main sama sistem komputer. Kita harus jaga-jaga biar nggak kena jebakan hacker!

Ingat, kita harus bijak menggunakan teknologi dan internet. Kalau ada yang nggak kamu kenal atau curiga, lebih baik diabaikan atau ditanyakan dulu ke yang lebih paham. Jangan sampai jadi korban kejahatan cyber, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *